SELAMAT DATANG DI WEBSITE FORUM KERJASAMA PENDIDIKAN TINGGI (FKPT)

Rumah Dosen Labuhanbatu Sukses Selenggarakan Workshop Tata Kelola OJS dan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional Terakreditasi

Senin, 4 November 2019 | 00:46 WIB | View : 55 | Penulis : Mesran, M.Kom

Foto

Rantauprapat, pada tanggal 2 November 2019, sejumlah dosen yang tergabung dalam Rumah Dosen Labuhanbatu bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi yaitu Universitas Islam Labuhan Batu, Universitas Al-wasliyah Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Bukhary Labuhan Batu dan AMIK STIEKOM Sumatera Utara mengundang Relawan Jurnal Indonesia Pengurus Daerah Sumatera Utara menyelenggarakan Workshop Tata Kelola OJS dan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional Terakreditasi.

Workshop Tata Kelola OJS serta Penulisan Artikel Ilmiah yang diselenggarakan oleh Rumah Dosen Labuhanbatu bertempat di Aula Lt 4 AMIK STIEKOM Sumatera Utara. Pelatihan dan Workshop tersebut di buka langsung oleh bapak Hengky Japina, M.Si selaku ketua Rumah Dosen Labuhanbatu. Beliau berharap pelatihan dan workshop ini mampu memberikan pengetahuan bagi dosen-dosen yang terdapat di Rantauprapat ini terhadap publikasi ilmiah dan hal-hal yang berhubungan dengan artikel ilmiah, seperti Plagiarism, Sitasi dan lainnya.
Pembicara yang diundang pada pelatihan/workshop yang diadakan oleh Rumah Dosen Labuhanbatu yaitu bapak Dodi Siregar, M.Kom (Universitas Harapan Medan), Mesran, M.Kom (STMIK Budi Darma), Tengku Mohd Diansyah, M.Kom (Universitas Harapan Medan).

Rumah Dosen Labuhanbatu merupakan suatu perkumpulan yang baru terbentuk di penghujung tahun 2019, namun sudah memberanikan diri untuk mengundang RJI Pengurus Daerah Sumatera Utara agar dapat membantu pengelola jurnal dalam hal Tata Kelola OJS serta dosen dalam hal penulisan artikel ilmiah.

Sebelum masuk pada pemaparan dari narasumber, dilakukan penandatanganan oleh beberapa perguruan tinggi yaitu Universitas Islam Labuhan Batu, Universitas Al-wasliyah Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Bukhary Labuhan Batu dan AMIK STIEKOM Sumatera Utara dengan Relawan Jurnal Indonesia dan STMIK Budi Darma.

Pada workshop yang dilakukan oleh Rumah Dosen Labuhanbatu, juga dilakukan penandatangan MOU antara RJI dengan Universitas Islam Labuhan Batu, Universitas Al-wasliyah Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Bukhary Labuhan Batu dan AMIK STIEKOM Sumatera Utara. Penandatangan MOU juga dilakukan antara STMIK Budi Darma dengan Universitas Islam Labuhan Batu, Universitas Al-wasliyah Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Bukhary Labuhan Batu.

Atas inisiatif Ketua RJI Pengurus Daerah Sumatera Utara, bapak Dodi Siregar, M.Kom, pelatihan/workshop di bagi dalam dua ruangan yang berbeda. Untuk pengelola Jurnal dilakukan pada Ruang Rapat AMIK STIEKOM Sumatera Utara, sedangkan untuk Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional Terakreditasi tetap bertempat di Aula. Hal ini bertujuan agar kegiatan baik Tata Kelola OJS maupun penulisan artikel ilmiah dapat dilakukan secara maksimal.

Pada pemaparan penulisan artikel ilmiah, Mesran menyampaikan bahwa saat ini artikel ilmiah bukan hanya bermanfaat bagi Dosen, namun juga bagi Mahasiswa, Mesran juga menyampaikan betapa pentingkan artikel ilmiah disamping membantu dosen dalam pengurusan jabatan fungsional, juga membantu program studi dalam pengisian APS (Akreditasi Program Studi). Untuk itu lanjutnya, "kita sebagai dosen harus mengajak mahasiswa untuk menciptakan budaya berpikir kritis melalui penulisan artikel ilmiah".

Pada penulisan ilmiah, juga disampaikan kegunaan Mendeley, pengecekan simmilarity artikel ilmiah, pencarian jurnal di Sinta sesuai bidang keilmuan, tips bagaimana publish pada jurnal terakreditasi, dan banyak hal yang terkait dengan penulisan artikel ilmiah.

Antusias dosen sebagai peserta yang mengikuti pelatihan penulisan ilmiah terlihat sangat baik, karena banyak pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber, seperti bagaimana penulisan urutan penulis pada artikel ilmiah, bagaimana agar sitasi bertambah.

Pada ruangan yang terpisah, peserta kegiatan Tata Kelola OJS, sangat fokus terhadap materi yang disampaikan oleh bapak Dodi Siregar, M.Kom, terkait dengan jurnal yang dikelola oleh masing-masing institusi, bapak Dodi Siregar, M.Kom, menyampaikan agar kiranya para pengelola ini mampu menghindari quick submit, karena hal ini tidak baik terhadap proses Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Workshop Tata Kelola OJS maupun Penulisan Artikel ilmiah berakhir pada pukul 15:45 WIB, dan pada akhir workshop dilakukan foto bersama peserta kegiatan dengan narasumber. (m3).

Share this

Berikan Komentar Anda 'Rumah Dosen Labuhanbatu Sukses Selenggarakan Workshop Tata Kelola OJS dan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional Terakreditasi'