SELAMAT DATANG DI WEBSITE FORUM KERJASAMA PENDIDIKAN TINGGI (FKPT)

Politeknik Kutaraja, Gelar Workshop Strategi Peningkatan Penulisan Artikel Ilmiah Terindex SINTA

Minggu, 21 Juli 2019 | View : 199 | Penulis : Mesran, M.Kom

Politeknik Kutaraja Banda Aceh pada tanggal 16 Juli 2019 menggelar workshop Strategi Peningkatan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional Pada Jurnal Terakreditasi Sinta.

Workshop peningkatan penulisan artikel ilmiah nasional ini mendatangkan 2(dua) narasumber dari Sumatera Utara, yaitu:
1. Dr. Janner Simarmata (Universitas Negeri Medan)
2. Mesran, M.Kom (STMIK Budi Darma)

Direktur Politeknik Kutaraja Supriyanto, SP., M.Si dalam sambutannya menyampaikan sangat baik atas dilakukannya kegiatan ini.

&ldquoHarus diakui, produktivitas publikasi pada jurnal ilmiah para dosen khususnya di kampus Politeknik Kutaraja masih sangat rendah jika dibandingkan dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di Banda Aceh, &ldquopungkas Supriyanto.

Supriyanto juga menyampaikan terimakasih kepada para peserta yang juga dosen-dosen Politeknik Kutaraja, &ldquoserta kepada kedua narasumber, Dr. Janner Simarmata dari Universitas Negeri Medan dan Mesran, M.Kom dari STMIK Budidarma,&rdquo tutupnya dan sekaligus membuka kegiatan workshop tersebut.

Pada penyampaiannya Dr. Janner Simarmata berbicara tentang struktur artikel manuskrip, bahwa kebanyakan jurnal-jurnal menggunakan struktur IMRAD (Introduction, Method and Material, Result & Discussion).

&ldquoKadang-kadang juga ditambahkan ucapan terimakasih, kesimpulan, apendiks dan referensi selalu disertakan sebagai daftar sitasi,&rdquo sambungnya.

Janner juga menyampaikan ada beberapa alasan kenapa artikel ditolak oleh editor, diantaranya karena lingkup dari jurnal tidak sesuai dengan artikel yang dikirim, atau artikel kita sedang direview oleh jurnal lain, atau artikel yang kita kirim tidak sesuai dengan template jurnal yang kita tuju.

&ldquoSedangkan alasan teknis diantaranya bisa karena hipotesisnya tidak jelas, kurangnya analisis atau karena adanya pelanggaran etika,&rdquo ucapnya.

Mesran dalam materinya menjelaskan tentang bagaimana mencari jurnal-jurnal terakreditasi di portal Sinta, mulai akreditasi S1 sampai S6.

&ldquoNamun menurutnya, masih banyak dosen-dosen yang belum memanfaatkan keberadaan sistem tersebut,&rdquo jelasnya.

Selain memberikan materi tentang referensi dengan menggunakan aplikasi manajemen referensi dengan Mendeley, Mesran juga menyampaikan agar penulis menghindari tindakan plagiat karya tulis.

Workshop ini dimoderatori oleh Rahmat Hidayat, SE, M.Si dosen STIM Sukma Medan. Acara workshop ini berlangsung dari jam 13:00 - 17:00 WIB.

Sumber: baranewsaceh.co