SELAMAT DATANG DI WEBSITE FORUM KERJASAMA PENDIDIKAN TINGGI (FKPT)

FKPT Langsungkan Pengabdian Kepada Masyarakat pada SD IT Al-Munadi

Jumat, 4 Sepember 2020 | View : 0 | Penulis : Mesran, M.Kom

Pada tanggal 29 Agustus 2020, Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT) bekerjasama dengan Universitas Budi Darma, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SD IT Al-Munadi dengan tema Manajemen Pengelolaan Pembelajaran Daring di Era COVID-19. Kegiatan ini turut pula diikuti oleh dosen dari beberapa perguruan tinggi, diantaranya STIM Sukma, Universitas Medan Area, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan, Politeknik Negeri Media Kreatif Medan, STIE Universitas Nahdatul Ulama Sumatera Utara, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Profesional Manajemen Indonesia.


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan yang pertama sekali dilaksanakan oleh FKPT beserta perguruan tinggi lain, dan kegiatan ini merupakan realisasi dari program kerja FKPT dibidang pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Ketua FKPT, Bapak Mesran, M.Kom serta Bapak Kepala SD IT Al-Munadi, Bapak H. Muhammad Sairin, S.Ag.

Kegiatan selanjutnya diawali dengan penyampaian materi terkait Efektifitas Pembelajaran Daring di Era COVID-19 yang disampaikan oleh Ibu Siti Aisyah, S.Pd., M.Si (Dosen Polimedia Kreatif). Pada sesi ini, Ibu Siti Aisyah memaparkan hasil penelitiannya terkait bagaimana efektifitas penggunaan platform pembelajaran daring selama COVID-19 dan kendala serta hambatan apa saja yang diperoleh baik oleh siswa, guru maupun orang tua siswa selama pelaksanaan pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring masih memiliki banyak kendala baik secara internal maupun eksternal.

Kegiatan pelatihan dilanjutkan terkait penggunaan Google Classroom sebagai salah satu metode pembelajaran daring berbasis IT yang disampaikan oleh Ibu Rahmi Ramadhani, S.Pd.I., M.Pd. Dari pemaparan Ibu Rahmi Ramadhani, disimpulkan bahwa Google Classroom memiliki beberapa kelebihan dalam penggunaanya pada pembelajaran daring seperti guru dapat mengundang siswa maupun guru lainnya untuk bergabung di kelas digital, guru dapat membuat materi ajar baik melalui dokumen maupun video dari laman YouTube serta guru dapat melakukan penilaian melalui Google Classroom.

Selain Google Classroom, para guru juga dapat menggunakan Google Meet sebagai aplikasi dalam pembelajaran daring maupun rapat daring. Hal ini disampaikan oleh narasumber Bapak Zulham Efendi, ST., M.Si, M.Sc.Eng (Dosen STIP-AP). Kegiatan pelatihan ditutup dengan memberikan pelatihan terkait penggunaan Google Form sebagai aplikasi membuat soal berbasis IT yang disampaikan oleh narasumber Ibu Reflina Sinaga, S.Psi, M.Pd.


Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, para guru SD IT Al-Munadi memperoleh pengetahuan, pemahaman serta keterampilan baru yang dapat diterapkan dalam pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 ini. Selain itu, para guru juga dapat lebih termotivasi dan semangat dalam melaksanakan proses pembelajaran walaupun dilakukan dalam bentuk daring. Beberapa dosen yang terlibat dalam pengabdian masyarakat di SD IT Al-Munadi, yaitu:

1. Marlya Fatira AK, S.E., M.Si
2. Rahmi Ramadhani, S.Pd.I, M.Pd.
3. Reflina Sinaga, S.Psi., M.Pd.
4. Mesran, M.Kom.
5. Dr. Syafrida Hafni Sahir
6. Muhammad Iqbal Abdi Lubis, S.TP., M.P
7. Jeperson Hutahaean, M.Kom.
8. Dr. Emmy Syafitri, S.Pi., M.Si.
9. Guntoro, SP, MP
10. Muhammad Syukri, S.T., M.T.
11. Siti Aisyah S.Pd, M.Si
12. Joli Afriany, S.S, M.M
13. Wily Julitawaty, S.Si., M.Si.
14. Zulham Effendi, ST, M.Sc. Eng
15. Muhammad Syahrizal, M.Kom.
16. Oris Krianto Sulaiman, M.Kom.
17. Ferdinand Napitupulu, S.E., M.Si.
18. Ahmad Luthfi, S.Sos., M.M.
19. Suginam, S.E., M.Ak.
20. Ahmad Luthfi, S.Sos., M.M.
21. Sarwandi, M.Pd.IT
22. Dito Putro Utomo, M.IT

Semoga pengabdian yang dilakukan oleh Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT) memberikan manfaat yang besar bagi guru SD IT Al-Munadi dalam melangsungkan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Kontributor berita: Rahmi Ramadhani, S.Pd.I., M.Pd.