SELAMAT DATANG DI WEBSITE FORUM KERJASAMA PENDIDIKAN TINGGI (FKPT)

Dosen STIKOM dan AMIK Tunas Bangsa Melaksanakan PKM Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Pelajar SMK Yang Didanai Oleh Kemenristekdikti

Jumat, 25 Oktober 2019 | 04:15 WIB | View : 1086 | Penulis : Mesran, M.Kom

Foto

Dalam dunia pendidikan, karya ilmiah menjadi bagian dari proses dan tujuan pendidikan. Oleh karena itu Pelatihan penulisan Karya ilmiah ini sangat penting diberikan kepada para pelajar, khususnya pelajar SMK sebagai salah satu cara menumbuhkan minat menulis, agar mereka dapat menuangkan ide, gagasan serta memecahkan permasalahan yang ada disekitar mereka, tentunya dengan metode-metode ilmiah berdasarkan data dan fakta. Ketua tim PKM Anjar Wanto, M.Kom mengatakan bahwa Pelatihan ini juga bertujuan membantu pelajar dalam merancang dan menuliskan rencana penelitian atau karya ilmiah yang mendukung lomba karya ilmiah tingkat sekolah menengah atas, maupun kemampuan menulis mereka secara umum. Kegiatan ini dilaksanakan di dua sekolah yang berbeda dengan jumlah total peserta pelatihan sebanyak 77 pelajar, yakni Sekolah SMK Swasta Anak Bangsa yang terletak di Kabupaten Simalungun dengan peserta sebanyak 52 orang dan SMK Swasta Teladan Kota Pematangsiantar sebanyak 25 orang. Pelatihan penulisan karya ilmiah di SMK Swasta Anak Bangsa dilaksanakan tanggal 6 hingga 7 Juli tahun 2019 mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Sedangkan Pelatihan penulisan karya ilmiah di SMK Swasta Teladan dilaksanakan tanggal 13 hingga 14 Juli tahun 2019 di pukul yang sama.

Kepala Sekolah SMK Swasta Anak Bangsa Drs. Safruddin dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif seperti ini dan berterimakasih kepada Tim PKM yang telah mau terjun langsung dan berbagi ilmu ke sekolah mereka yang letaknya sebenarnya berada dipedesaan yang cukup jauh dari kota. Beliau juga berharap dengan adanya pelatihan ini mampu menjadi bekal bagi pelajar di sekolah ini untuk menambah ilmu pengetahuan dalam menyongsong masa depan yang cerah.

Sedangkan Kepala Sekolah SMK Swasta Teladan Sudarlian, S.Pd., M.Si dalam sambutannya mengatakan hal yang senada dan berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan, karena menurut beliau kegiatan penulisan karya ilmiah tidak lah mudah, dibutuhkan kemampuan dan waktu yang cukup lama untuk dapat menulis sebuah karya ilmiah yang baik. Sebagai penutup beliau berpesan dan menghimbau kepada seluruh pelajar yang menjadi peserta untuk dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, karena penulisan karya ilmiah ini sangat penting sekali, apalagi apabila pelajar nantinya akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode presentasi/ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik/latihan dengan menggunakan modul diktat yang masing-masing dijelaskan berupa presentasi yang terdiri dari 5 Materi antara lain : Penjelasan tentang Pembuatan Karya Ilmiah, Pemanfaatan internet untuk membuat tulisan maupun penggalian sumber pustaka dan data, Pembuatan kutipan (citasi) tulisan dengan aplikasi mendeley, Laporan pembuatan penulisan karya ilmiah dan cara bagaimana mempublikasikan karya ilmiah yang telah ditulis. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa dari 52 peserta pelajar di SMK Swasta Anak Bangsa, 25 pelajar mampu menjawab soal (Post Test) dengan benar sebanyak 10 soal (48%) dimana sebelumnya hanya mampu menjawab soal (Pre Test) dengan benar 9 soal sebanyak 8 peserta (15%). Sedangkan dari 25 peserta pelajar di SMK Swasta Teladan, 12 pelajar mampu menjawab soal (Post Test) dengan benar sebanyak 10 soal (48%) dimana sebelumnya hanya mampu menjawab soal (Pre Test) dengan benar 9 soal sebanyak 2 peserta (8%). Sedangkan Hasil secara keseluruhan dari 77 peserta pelajar di 2 sekolah ini, 37 pelajar mampu menjawab soal (Post Test) dengan benar sebanyak 10 soal (48%) dimana sebelumnya hanya mampu menjawab soal (Pre Test) dengan benar 9 soal sebanyak 10 peserta (13%). Oleh karena itu diharapkan kegiatan-kegiatan seperti ini akan dapat terus dilakukan untuk lebih mengoptimalkan kemampuan para pelajar yang menjadi peserta pelatihan. Lebih lanjut, ketua tim PKM Anjar Wanto, M.Kom menarik kesimpulan bahwa pengetahuan pelajar di ke dua sekolah ini mengenai penulisan karya ilmiah masih sangat minim dan kurang, apalagi sebelum dilaksanakannya pelatihan. Akan tetapi beliau berharap dari pelatihan ini dapat menjadi bekal ilmu pengetahuan bagi para pelajar dikemudian hari untuk dapat mengembangkan ide maupun kreatifitas nya menjadi sebuah tulisan karya ilmiah.

Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya disampaikan kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atas pendanaan yang telah diberikan sesuai dengan kontrak penugasan program pengabdian kepada masyarakat nomor: T/209/L1.3.1/PT.01.03/2019. Begitu pula kepada Kepala Sekolah SMK Swasta Anak Bangsa kabupaten Simalungun Drs. Safruddin serta Kepala Sekolah SMK Swasta Teladan Sudarlian, S.Pd, M.Si beserta para guru-guru yang telah banyak membantu sehingga terlaksananya kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah ini. Semoga kegiatan yang telah dilakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dunia pendidikan. 

Share this

Berikan Komentar Anda 'Dosen STIKOM dan AMIK Tunas Bangsa Melaksanakan PKM Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Pelajar SMK Yang Didanai Oleh Kemenristekdikti'